Senin, 27 Mei 2013

GBPP ASKEB IV (PATOLOGI)

GARIS BESAR PROGRAM PENGAJARAN
(GBPP)

Mata kuliah                   :    Pelayanan KB
Kode Mata Kuliah         :    BD. 308
Bobot                            :    3 SKS (T1, P2)
Semester                      :    IV (Empat)
Nama dosen/Tim          :    Dewi Umbarsari, S.Si.T




A.    DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah ini memberikan kemampuan kepada mahasiswa untuk memberikan pelayanan KB dengan pokok bahasan : konsep kependudukan, program dan perkembangan KB di Indonesia, pelayanan kontrasepsi, akseptor yang bermasalah dan cara penanggulangannya, komunikasi informasi dan edukasi serta pendokumentasian.

B.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa dapat :
  1. Menguraikan konsep kependudukan di Indonesia
  2. Menjelaskan program KB di Indonesia
  3. Melakukan program KIE dalam pelayanan KB
  4. Melakukan pelayanan kontrasepsi dengan berbagai metode
  5. Melakukan pembinaan akseptor
  6. Melakukan berbagai cara penanggulangan akseptor bermasalah
  7. Melakukan pendokumentasian pelayanan KB

C.    PROSES PEMBELAJARAN
T  : Dilaksanakan di kelas dengan menggunakan ceramah, diskusi, seminar dan penugasan
P  : dilaksanakan di kelas, laboratorium (baik di kampus maupun di lahan praktek) dengan menggunakan metoda simulasi, demonstrasi, role play dan bed side taching.

D.    EVALUASI
Evaluasi dilakukan dengan menggunakan cara :
²  Teori
v  UTS            :     15 %
v  UAS            :     25 %

²  Praktik
v  Praktikum    :     60 %

E.    REFERENSI

Buku Wajib (BW)

  1. NRC – POGI, 1996, Buku Acuan Pelayanan Keluarga Berencana
  2. Dr. Hanafi Hartanto, 1994, KB dan kontrasepsi, Pustaka Sinar Harapan

Buku Anjuran (BA)

  1. BKKBN, Kependudukan KB dan KIA, Bandung, Balai Litbang, 1999
  2. BKKBN, Gerakan Keluarga Berencana Nasional, Jakarta, 1998
  3. BKKBN, Paket Pelatihan Pendidikan KB, Jakarta, 1992
  4. Biran Afandi, Kontrasepsi, Keluarga Berencana, Ilmu Kebidanan, Jakarta, Yayasan Bina Pustaka, Sarwono Prawiroharjo, 1991
  5. Mochtar R., Sinopsis Obstetri Fisiologi, Jakarta, Penerbit Buku Kedokteran, EGC, 1992, cetakan ke – 2
  6. IBI, Pengurus Pusat, Pedoman KB IBI, Pusat Ikatan Bidan indonesia, 1992
  7. Biran Afandi, Santoso Suryono S.I., Manual Pelayanan Klinik Raden Saleh, Jakarta, Fakultas Kedokteran UI, 1996
  8. BKKBN, Paket Pelatihan KB, Buku-2, Jakarta 1992
  9. Soelaeman, Teknik KB, Bagian Obstetri dan Ginecologi Fakultas Kedokteran, Unpad Bandung, 1980



RINCIAN KEGIATAN

MINGGU
O P S
POKOK BAHASAN / SUB POKOK BAHASAN
WAKTU
REFERENSI
T
P

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Menguraikan konsep kependudukan di Indonesia



1.1.      Pengertian penduduk
1.2.      Dinamika kependudukan
1.3.      Faktor-faktor demografik yang mempengaruhi laju pertumbuhan penduduk
1.4.      Transisi demografik
1.5.      Masalah kependudukan di Indonesia
1.5.1.      Jumlah dan pertumbuhan penduduk
1.5.2.      Persebaran dan kepadatan penduduk
1.5.3.      Struktur umur penduduk
1.5.4.      Kelahiran dan kematian



2 Jam



BW 1

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Mengidentifikasi perkembangan KB di Indonesia


2.1.      Sejarah KB di Indonesia
2.2.      Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan KB di Indonesia
2.3.      Organisasi-organisasi KB di Indonesia :
2.3.1.      PKBI
2.3.2.      BKKBN



2 Jam



BA 1, 2, 6

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Membahas program KB di Indonesia


3.1.      Program KB di Indonesia
3.1.1.      Pengertian program KB
3.1.2.      Tujuan program KB
3.1.3.      Sasaran program KB
3.1.4.      Ruang lingkup program KB
3.1.5.      Strategi pendekatan dan cara operasional program pelayanan KB
3.1.6.      Dampak program KB terhadap pencegahan kelahiran



2 Jam



BW 1, 2
BA 1, 2

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Mempraktekkan program KIE dalam pelayanan KB


4.1.      Tujuan KIE
4.2.      Jenis kegiatan KIE
4.3.      Prinsip langkah KIE
4.4.      Konseling
4.4.1.      Pengertian
4.4.2.      Tujuan
4.4.3.      Jenis konseling
4.4.4.      Langkah-langkah dalam konseling



2 Jam



BW 2
BA 3, 6, 8

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Melakukan pelayanan kontrasepsi denagn berbagai metode


5.1.      Metode sederhana
5.1.1.      Tanpa Alat
ø   KB Alamiah
o   Metode kalender
o   Metode suhu basal
o   Metode lendir serviks
o   Metode sim to termal
ø   Caoitus Interuptus
5.1.2.      Dengan alat :
ø   Mekanis / Barier
o   Kondom
o   Barier intra vagina
ø   Kimiawi
o   Spermisida
5.2.      Metode modern :
5.2.1.      Kontrasepsi hormonal
ø   Oral kontrasepsi
ø   Suntikan / Injeksi
ø   Subkutis / Implant
5.2.2.      Intra Uterine Devices (IUD / AKDR)
5.2.3.      Sterilisasi
ø   Pada wanita (WOM)
o   Penyinaran
o   Operatif
o   Penyumbatan tuba mekanis dan tuba kimiawi
ø   Pada pria (MOP)
o   Operatif
o   Penyumbatan Vas deferens mekanis
o   Penyumbatan Vas deferens kimiawi



4 Jam


24 Jam


BW 2
BA 3, 4, 5, 7, 8, 9












BW 1, 2
BA 3, 4, 5, 7, 8, 9

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Melakukan cara pembinaan akseptor


6.1.      Pembinaan akseptor KB melalui konseling
6.2.      Praktek pembinaan akseptor KB
6.2.1.      Kondom
6.2.2.      Pil
6.2.3.      Suntik
6.2.4.      AKDR
6.2.5.      Norplant
6.2.6.      Tubektomi
6.2.7.      Vasektomi



1 Jam


8 Jam


BW 1, 2
BA 2, 3, 8

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Melakukan berbagai cara penanggulangan akseptor bermasalah


7.1.      Macam-macam efek samping atau masalah kontrasepsi
7.2.      Penilaian efek samping yang timbul
7.3.      Penanganan efek samping sesuai keluhan bagi akseptor KB
7.3.1.      Kondom
7.3.2.      Pil
7.3.3.      Suntik
7.3.4.      AKDR
7.3.5.      Norplant
7.3.6.      Tubektomi
7.3.7.      Vasektomi
7.4.      Rujukan akseptor bermasalah



2 Jam


8 Jam


BW 1, 2
BA 3, 5, 9

Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa mampu :
v  Melakukan pendokumentasian pelayanan KB


8.1.      Pencatatan dan pelaporan pelayanan KB
8.1.1.      Penggunaan kartu catatan pasien
8.1.2.      Mekanisme pelaporan
8.2.      Pendokumentasian rujukan KB



1 Jam


8 Jam


BA 6, 8


Jumlah
16 Jam
64 Jam



                                                                                                                                                                                          
Jambi,  ……………………………………  

( Dewi Umbarsari, S.Si.T)       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar